Rabu, 25 Juni 2014

La Monumental | ARENA ADU BANTENG TERBESAR BARCELONA AKAN JADI MASJID

Kumpulan Cerita Islam (KCI) : La Monumental | ARENA ADU BANTENG TERBESAR BARCELONA AKAN JADI MASJID

Barcelona, 27 Sya’ban 1435/25 Juni 2014
Bangkitkan kejayaan Islam di Dunia, Emir Qatar dikabarkan telah menyetujui pengeluaran dana sebesar 2,2 miliar Euro (atau 2,99 miliar Dolar AS) untuk mengubah arena adu banteng La Monumental Barcelonamenjadi sebuah masjid berkapasitas 40.000 orang.

Masjid ini akan menjadi yang terbesar di Eropa pada 2020, jika dewan kota setempat menyetujui proyek tersebut, lapor Russia Today seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (25/6).

Bangunan akan mencakup 300m menara tinggi di mana mungkin menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah yang di Mekkah dan Madinah, lapor Koran Spanyol 20 Minutos mengutip sumber-sumber yang dekat dengan proyek tersebut.

Masjid juga akan memiliki gedung pertemuan, pusat pengajian, perumahan untuk 300 orang, dan sebuah museum seni serta sejarah Islam.

Media tersebut menambahkan, meskipun belum ada konfirmasi secara tertulis, Grup Balana di Barcelona telah menyetujui penjualan arena adu banteng itu. Tahap berikutnya dikabarkan mereka akan membahas proyek dengan dewan kota untuk mendapatkan perizinan.

Menurut Departemen Statistik Dewan Kota Barcelona, setidaknya 500.000 Muslim tinggal di Barcelona pada 2012. Tapi dengan jumlah yang besar tersebut, kota ini memiliki hanya beberapa tempat kecil untuk beribadah bagi umat Islam.

“Warga harus bangga bahwa umat Islam mengubah tempat penderitaan banteng (karena diadu) menjadi pusat spiritual,” kata pemilik Barcelona Arabic Book Shop, Mowafak Kanfach, menambahkan “Undang-undang mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk beribadah di tempat yang bermartabat, bukan di tempat komersial.”

Bangunan yang dikenal dengan nama The Plaza Monumental de Barcelona dibuka pada 1914, telah digunakan untuk acara konser internasional para selebriti, termasuk The Beatles, Tina Turner, Rolling Stones dan Bob Marley. Karena larangan adu banteng di Catalonia pada 2010, tempat itu tidak digunakan lagi untuk hal itu.

Rencana untuk mengubah arena adu banteng menjadi masjid bukanlah kali pertama terjadi di kota itu. Pada 2004, Arab Saudi melakukan negosiasi dengan pemerintah kota setempat untuk mengubah arena adu banteng Las Arenas. Namun, rencana ditunda karena akhirnya dewan Barcelona memutuskan untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan bukan masjid di lokasi tersebut.(T/P03/R2)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 ilmu tentang islam.